Langsung ke konten utama

Tugas Pertemuan Pertama - Sesi 03 (Halaman 13-15)

Nama              : Elika Mareta Rahim
NIM                : 2015-32-007
Matkul            : Analisis Regresi (Sesi 03)

LATIHAN
1.   Dibawah ini adalah berat badan bayi laki-laki usia 5 bulan (X1) dan pada usia 11 bulan (X2) (data fiktif). Hitung nilai rata-rata, variance, standart deviasi dan lakukan uji t dependen sample.
No.
X1
(kg)
X2
(kg)
Beda
D = X1 –X2
Deviasi
Kuadrat deviasi = d2
1.
4,5
5,6
-1,1
0,26
0,0676
2.
4,7
5,9
-1,2
0,16
0,0256
3.
4,6
6,2
-1,6
-0,24
0,0576
4.
4,8
6,2
-1,4
-0,04
0,0016
5.
4,9
5,9
-1
0,36
0,1296
6.
4,8
5,8
-1
0,36
0,1296
7.
4,5
6,2
-1,7
-0,34
0,1156
8.
4,7
6,4
-1,7
-0,34
0,1156
9.
4,9
6,3
-1,4
-0,04
0,0016
10.
4,6
6,1
-1,5
-0,14
0,0196
Jumlah
47
60,6
-13,6
0
0,664

2. Data kadar trigliserida pria dewasa gemuk dan normal yang diukur dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) sebagai berikut (data fiktif).
No.
Gemuk
(X1)
Normal
(X2)
Beda
D = X1 –X2
Deviasi
Kuadrat deviasi = d2
1.
240
180
60
-3
9
2.
260
175
85
22
484
3.
230
160
70
7
49
4.
220
190
30
-33
1089
5.
260
180
80
17
289
6.
250
175
75
12
144
7.
240
190
50
-13
169
8.
220
170
50
-13
169
9.
230
180
50
-13
169
10.
240
160
80
17
289
Jumlah
2390
1760
630
0
2860

a.       Hitung nilai rata-rata             
b.      Hitung variance
c.       Hitung standart deviasi dan
d.      Lakukan uji t-independen sample

3.      3. Nilai rata-rata IQ dari 26 siswa SMP X adalah 107 dengan standart deviasi 9, sedangkan di SMP Y dari 30 siswa rata-rata IQ nya adalah 112 dengan standar deviasi 8. Dapatkah kita menyatakan bahwa ada perbedaan secara bermakna nilai rata-rata IQ siswa di kedua sekolah?
n
SMP X
SMP Y
26
30
Rata – rata IQ
107
112
SD
9
8

4. Kita ingin membuktikan perbedaan kadar glukosa darah mahasiswa sebelum dan sesudah sarapan pagi. Datanya sebagai berikut:
No.
Sebelum
(X1)
Sesudah
(X2)
Beda
D = X1 –X2
Deviasi
Kuadrat deviasi = d2
1.
115
121
-6
-0,1
0,01
2.
118
119
-1
4,9
24,01
3.
120
122
-2
3,9
15,21
4.
119
122
-3
2,9
8,41
5.
116
123
-7
-1,1
1,21
6.
115
123
-8
-2,1
4,41
7.
116
124
-8
-2,1
4,41
8.
115
120
-5
0,9
0,81
9.
116
125
-9
-3,1
9,61
10.
117
127
-10
-4,1
16,18
Jumlah
1167
1226
-59
0
84,9

 5. Hasil penelitian tentang peran senam “low impact” pada remaja putri usia 18-21 tahun terhadap penurunan persen lemak tubuh disajikan dalam tabel dibawah ini (data fiktif). Dapatkah kita menyatakan bahwa senam “low impact” tidak berpengaruh terhadap persen lemak tubuh.
No.
Sebelum
(X1)
Sesudah
(X2)
Beda
D = X1 –X2
Deviasi
Kuadrat deviasi = d2
1.
24,7
24,5
0,2
-1,45
2,1025
2.
26,4
25,6
0,8
-0,85
0,7225
3.
28,7
26,9
1,8
0,15
0,0225
4.
27,2
26,1
1,1
-0,55
0,3025
5.
24,9
24,2
0,7
-0,95
0,9025
6.
29,9
27,3
2,6
-0,95
0,9025
7.
28,6
25,7
2,9
1,25
1,5625
8.
28,8
25,7
3,1
1,45
2,1025
Jumlah
219,2
206
13,2
0
8,62








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan Pertama - Pengembangan Hipotesis (Halaman 7)

Nama             : Elika Mareta Rahim NIM                 : 2015-32-007 Matkul             : Analisis Regresi (Sesi 03) TUGAS Buatlah hipotesis deskriptif, hipotesis komparatif, dan hipotesis asosiatif masing-masing 2 buah dan diskusikan dengan orang yang dapat memberi masukkan untuk perbaikan. ·          Hipotesis Deskriptif 1.       Rumusan masalah : Apakah penderita diabetes sering merasa haus di malam hari Ha : Penderita diabetes sering merasa haus di malam hari H0 : Penderita diabetes tidak sering merasa haus di malam hari 2.       Rumusan masalah : Apakah anak usia sekolah menyukai sayuran Ha : Anak usia sekolah menyukai sayuran H0 : Anak usia sekolah tidak menyukai sayuran ·          Hipotesis Komparatif 1.       Rumusan masalah : Apakah ada perbedaan status gizi bayi yang mendapat ASI eksklusif dengan tidak ASI eksklusif Ha : Ada perbedaan status gizi bayi dengan ASI eksklusif dan tidak H0 : Tidak ada perbedaan status gizi bayi